NAMA : ARIFAH NUR KHASANAH
NIM : 090201056
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ‘AISYIYAH YOGYAKARTA
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
2011
CATATAN KEPERAWATAN DI KOMUNITAS (CMHN)
A. IDENTITAS
NAMA : CHELSEA BELLA RAMADHANI
USIA : 4,7 Tahun
JENIS KELAMIN : Perempuan
ALAMAT : Ngricik RT 06/RW05, Wiladeg, Karangmojo, Gunungkidul
B. PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL
Uraikan karateristik perilaku yang diperlihatkan anak prasekolah dengan memberi tanda √ pada bagian ( ).
( √ ) Berkhayal dan kreatif.
( √ ) Bermain dengan benda-benda yang ada di rumah.
( √ ) Mudah berpisah dengan orang tua.
( √ ) Memperlihatkan kreativitas dan kemampuan berkhayal.
( √ ) Menikmati bermain dengan teman seusianya bersama-sama.
( √ ) Mengetahui tindakan yang benar dan salah serta mau mengikuti perintah.
( √ ) Mengetahui minimal empat warna.
( √ ) Bicara menggunakan kalimat yang panjang.
( √ ) Mengenal jenis kelamin.
C. DIAGNOSIS KEPERAWATAN
Potensial (normal) : Potensial mengembangkan inisiatif
D. TINDAKAN KEPERAWATAN
1. TINDAKAN KEPERAWATAN UNTUK PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH.
TUGAS PERKEMBANGAN TINDAKAN KEPERAWATAN
Perkembangan yang normal: Inisiatif • Beri kesempatan kepada anak untuk mencapai kemampuan tertentu yang dapat dipelajarinya, seperti naik sepeda, menulis, menggambar, menyusun balok, puzzle.
• Dukung anak untuk bermain berkelompok.
• Beri kesempatan anak untuk bermain peran menggunakan alat-alat yang sesuai (memasak, sekolah, berperan sebagai orang tua).
• Beri tugas yang sesuai dengan kemampuan anak.
• Jadi role model bagi anak mengenai cara menerima keunikan orang lain.
2. TINDAKAN KEPERAWATAN UNTUK KELUARGA
TUGAS PERKEMBANGAN TINDAKAN KEPERAWATAN
Perkembangan yang normal: Inisiatif • Informasikan kepada keluarga mengenai cara yang dapat dilakukan keluarga untuk memfasilitasi perkembangan psikososial anak.
- Bersikap positif dan dorong usaha anak untuk mandiri.
- Dukung anak untuk bermain dan sediakan alat bermain.
- Bantu anak menyelesaikan masalah yang dialami jika tindakan yang dilakukan anak berakibat negatif/buruk.
- Gunakan bahasa yang positif dalam melarang anak.
- Berikan pendapat yang positif terhadap perilaku yang ditampilkan
- Beri pujian terhadap keberhasilan yang dicapai oleh anak.
- Berikan suasana disiplin dalam rumah pada waku belajar, menonton TV, bermain, makan.
• Diskusikan dengan keluarga mengenai cara yang akan digunakan keluarga untuk menstimulasi inisiatif anak.
• Latih keluarga untuk melakukan cara tersebut dan dampingi saat keluarga menstimulasi inisiatif anak.
E. TABEL IMPLEMENTASI DAN EVALUASI
IMPLEMENTASI EVALUASI
13 APRIL 2011 PUKUL 15.20
1. TINDAKAN KEPERAWATAN UNTUK PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH.
• Memberi kesempatan anak mencapai kemampuan tertentu yang dapat dipelajarinya: belajar berhitung dan menulis
• Mendukung anak untuk bermain berkelompok: masak-masakan
• Memberi kesempatan anak untuk bermain peran menggunakan alat-alat yang sesuai: bermain masak-masakan.
3. TINDAKAN KEPERAWATAN UNTUK KELUARGA
• Informasikan kepada keluarga mengenai cara yang dapat dilakukan keluarga untuk memfasilitasi perkembangan psikososial anak.
- Bersikap positif dan dorong usaha anak untuk mandiri.
- Dukung anak untuk bermain dan sediakan alat bermain.
- Bantu anak menyelesaikan masalah yang dialami jika tindakan yang dilakukan anak berakibat negatif/buruk.
- Gunakan bahasa yang positif dalam melarang anak.
- Berikan pendapat positif terhadap perilaku baik anak.
- Beri pujian terhadap keberhasilan yang dicapai anak.
- Berikan suasana disiplin dalam rumah pada waku belajar, menonton TV, bermain, makan.
• Diskusikan dengan keluarga mengenai cara yang akan digunakan keluarga untuk menstimulasi inisiatif anak: membelikan poster angka dan huruf. 13 APRIL 2011 PUKUL 17.30
S: Anak mengatakan senang bermain masak-masakan dengan teman sebayanya.
O: Anak dapat mengahafal angka dan belajar menulis dengan mandiri.
A: Anak mengembangkan inisiatif
P: Anjurkan anak belajar menulis dan menghafal angka sesuai kemampuan tanpa paksaan mulai dari yang mudah sampai ke level yang lebih sulit.