Jumat, 16 Desember 2011

berikut ini adalah langkah – langkah perawatan wajah secara umum :

1. Pembersihan wajah

Pembersihan wajah dimaksudkan agar wajah kita kembali segar, fresh dan menjadi maksimal perawatan kulit, serta memberi kesempatan bagi pori-pori kita untuk bernafas lega dari sisa make up.

Bersihkan wajah dari sisa lotion / make up kita dengan pilihan :
a. cleansing oil
b. cleansing milk
c. eye make up remover
d. sabun wajah yang lembut sesuai dengan kondisi kulit dan PH seimbang

2. Penyegar wajah / toner

Penyegar wajah atau dikenal dengan sebutan toner berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati/kering , mempersiapkan wajah untuk menerima lotion, moisture, ataupun essence / serum.

3. Essence / Serum

Bagi Ladies/sista yang telah memasuki usia dewasa / mature perlu sekali untuk mulai mempertimbangkan penggunaan essence / serum ini. Selain untuk mempermudah penyerapan lotion / moisture, essence juga bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit yang mulai mengalami penurunan karena radiasi ultraviolet, flek hitam / dark spot, efek aging / penuaan.

4. Eyecream / Pelembab Mata

Yang tidak kalah pentingnya adalah perlindungan mata, Karena kulit disekitar mata merupakan jenis kulit yang sensitive di wajah kita, perlu sekali mendapat perhatian khusus karena tekstur kulit mata lebih tipis dari bagian yang lain.

Eye cream berguna untuk melindungi mata dari kekeringan, efek penuaan, lingkaran hitam karena mata lelah. So girls, jangan sampai luput untuk yang satu ini ya.

5. Pelembab / Moisturizer / Lotion

Apapun jenis kulit kita, sangatlah penting untuk menggunakan pelembab. Karena pelembab bertujuan untuk mempertahankan kadar air di dalam kulit kita, semakin sedikit kadar air kita berarti semakin kita mempercepat proses penuaan.

Jadi walaupun jenis wajah kita berminyak, tetap kita perlu memperlengkapi diri dengan pelembab yang tentunya untuk kulit berminyak. Karena, penuaan disebabkan bukan kurangnya kadar minyak,tetapi karena kurangnya kadar air dalam kulit kita.

6. Sunblock / UV Protection / Tabir Surya

Wajib hukumnya buat kita semua untuk selalu mengenakan Sunblock di pagi dan siang hari. Agar kulit kita senantiasa terlindung dari radikal bebas sinar matahari, yang nantinya berperan pada timbulnya flek hitam / dark spot. Besarnya SPF (Sun Protection Factor) yang diperlukan tergantung dari seberapa lama aktivitas kita di bawah terik matahari.

Berikut adalah ilustrasi / perhitungan sederhana dari keperluan SPF :

SPF 25 = 25 x 10 menit = 250 menit perlindungan UV
SPF 40 = 40 x 10 menit = 400 menit perlindungan UV

7. Make up / kosmetik

Make up meliputi beberapa detail, dapat kita sesuaikan dengan keperluan maupun event apa yang kita hadiri. Pada umumnya meliputi :
a. Foundation / make up base
b. Pensil alis
c. Eyeshadow
d. Eyeliner
e. Maskara
f. Blush on / pemerah pipi
g. Lipstik dan lip liner
h. Concealer
i. Bedak tabur

Jika Anda mencoba suatu produk kosmetik dan Anda merasakan kulit wajah Anda gatal atau panas yang berkepanjangan, kemungkinan besar Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Memang dapat terjadi muncul rasa panas atau gatal pada awal pemakaian, t erutama pada produk yang mengandung alkohol tetapi jika terjadi berkepanjangan sebaiknya Ladies dan sista berkonsultasi pada orang yang mengerti tentang kosmetik. Jangan dianggap rasa panas atau gatal yang berkepanjangan tersebut adalah sifat kerja sang produk. Sebaiknya hentikan segera pemakaian kosmetik tersebut. Agar memperkecil kemungkinan salah membeli kosmetik sista / Ladies dapat mencari recerensi dari orang terdekat yang memiliki jenis kulit yang sama, atau memiliki keluhan yag sama.

Untuk membantu kehalusan kulit dan tubuh, bisa dibantu dengan pola makan dan hidup yang sehat. Seperti banyak makan buah dan sayur, banyak minum air, dan istirahat yang cukup dan jangan lupa berolah raga rutin (idealnya 3-4 kali dalam seminggu).
Powered by Blogger