Rabu, 26 Juni 2013

mulas saat hamil muda

mulas saat hamil mudaadalah salah satu gejala yang dialami oleh setiap ibu-ibu pada trimester pertama mereka. Mulas  umumnya dirasakan di bawah perut.. hal ini adalah salah satu yang ditakutkan dan dikeluhkan setiap ibu yang mengandung. Hal ini mengganggu kegiatan mereka sehari-hari.

mulas saat hamil muda
mulas saat hamil muda 
mengetahui lebih lanjut tentang  mulas saat hamil muda.

Menurut tip ibu hamil muda, ketika kita hamil  banyak terjadi perubahan pada  internal dan eksternal. Perubahan eksternal adalah perubahan yang terjadi pada fisik seperti  perut dan payudara membesar  sedangkan  perubahan internal adalah perubahan yang terjadi dalam tubuh seperti membesarnya rahim, ketidakstabilan emosi dan bertambahnya estrogen. Ketika terjadi kehamilan ada beberapa gejala-gejala yang menimpa ibu hamil. Salah stu dari gejala tersebut adalah  perut mules

Perut mules adalah  munculnya rasa nyeri di bawah perut. Mules disebabkan oleh 2 hal. pertama, kehamilan yang terus membesar menyebabkan Ligamentum  yang menggantung pada Rahim terhadap dinding perut menjadi elastis  dan tertarik sehingga menimbulkan rasa  nyeri.hal ini bisa dirasakan pada kedua sisi perut. Kedua, nyeri bisa disebabkan adanya tekanan terhadap kandung kemih akibat membesarnya rahim.

 Perut mules terjadi bukan hanya di trimester pertama melainkan  di trimester berikutnya. Hal ini terjadi karena mules disebabkan oleh pembesaran rahim.pada saat hamil perut teruslah membesar hingga bulan ke 9 dimana saat ini bayi akan segera dilahirkan.  Rahim yang terus membesar menekan organ tubuh lainnya sehingga akan berpengaruh kepada  organ-organ tersebut.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Pertama jangan makanan pada malam hari . hindari juga makanan  berminak dan pedas. Kedua adalah kenakan pakaian longgar. Pakailah pakaian yang memberi tekanan pada perut dan sfingter esofagus bagian bawah. Ketiga adalah makan dengan porsi kecil. Makan secara berlebihan dapat menyebabkan refluks asam dan mulas.

mulas saat hamil muda  memang agak menyakitkan bagi  setiap ibu. Bayangkan saja selama 9 bulan  terus merasakan  rasa sakit tersebut. Namun, janganlah  jadikan hal tersebut  alasan untuk tidak mempunyai anak karena ketika melahirkan  semua kesulitan akan terhapus.


Powered by Blogger