Rabu, 26 Juni 2013

mual saat hamil muda

mual saat hamil muda  adalah salah satu gejala yang  dialami oleh para ibu yang sedang hamil. Hal ini menimpa  kebanyakan  orang.   Kebanyakan ibu-ibu mengeluhkan hal ini karena hal ini menghambat kegiatan mereka sehari-hari seperti  dalam kerjaan.  Terkadang  sang suami harus mendampingi mereka karena beberapa ibu sangat terganggu kegiatan sehari-harinya. Di sini ada beberapa  tips untuk mengatasi mual-mual pada ibu hamil.

mual saat hamil muda
mual saat hamil muda

Mengatasi  mual saat hamil muda.

Berdasar data tip ibu hamil muda, muntah pada saat hamil muda atau morning sickness  adalah salah satu gejala yang dialam oleh hampir  setiap ibu-ibu.  Hal ini diakibatkan  karena 3 hal. Pertama adalah meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh. Kadar estrogen membuat asam lambung meningkat sehingga mengakibatkan mual. Kedua faktor  Human Chorionic Gonodotrophin yang dihasilkan janin mengakibatkan ibu mual pada trimester pertama. Ketiga berubahnya metabolisme glikogen hati mengakibatkan  ibu mual-mual. Terakhir adalah factor psikologis.  Hal ini biasanya menimpa ibu yang belum siap hamil sehingga muncul stress yang memicu mual  dan muntah.

Ada beberapa tips bagi ibu-ibu untuk mengatasi morning sickness. Pertama janganlah makan   dengan porsi yang terlalu banyak karena hanya menambah rasa mual. Jika ingin makan makanlah dengan porsi kecil. Kedua konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein. Makanan yang banyak proteinnya bisa membantu ibu yang sedang hamil.

Ketiga untuk mengurangi rasa mual ibu-bu bisa mengsonsumsi makanan kecil atau snak  setelah bangun tidur. Jadi ketika bangun janganlah tergesa-gesa bangun makanlah makanan kecil dahulu. keempat Hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat menambah rasa mual. Hindari juga makanan yang dapat memicu asam lambung seperti nangka dan kol.

Kelima minumlah air putih yang  cukup untuk mengurangi rasa mual. Hal ini juga menghindari dehidrasi setelah mual .terakhir istirahatlah yang cukup  agar tubuh menjadi lebih relaks. Jika hal ini tidak berhasil atau bertambah parah konsultasilah ke dokter.

Mual saathamil mudaadalah hal yang lazim, jangan lah dibuat berlebihan. Anggaplah hal ini anugrah dari yang maha kuasa dan jalani kegiatan sehari-hari seperti biasa. Jika merasakan hal yang tak beres bolehlah konsultasikan ke dokter.


Powered by Blogger