Senin, 28 November 2011

TUGAS SEPUTAR MENOPAUSE

NAMA : ARIFAH NUR KHASANAH
NIM : 090201056

TUGAS MENOPAUSE
1. Sebagian besar wanita mengalami menopause di usia 40 tahun.
* Salah
Reason : Menopause wajar terjadi memasuki usia 50 tahun. Menopuse tiap wanita berbeda baik waktu maupun umur serta gejalanya. Faktor yang berpengaruh adalah keturunan, kesehatan, dan lifestyle.
2. Wanita dapat mengalami gejala menopause walaupun sedang haid.
* Betul
Reason : gejala menopause dapat terjadi selama menstruasi terutama beberapa tahun sebelum menopause. Hal ini terjadi pra-menopause (hormon naik turun sehingga menstruasi tidak teratur, lama sebentarnya maupun banyak sedikitnya darah yang keluar bervariasi, sehingga masih mungkin terjadi kehamilan), dan saat memasuki menopause. Ditandai dengan jarak antar 2 siklus menjadi lebih dekat atau lebih jarang.
3. Pada saat premenopause, kemungkinan akan mengalami hot flash.
* Betul
Reason : mayoritas wanita mengalami hotflash baik pra-menopause maupun post-menopause dengan variasi frekuensi dan rasa panas yang berbeda, diikuti berkeringat terutama malam hari, kemerahan pada dada leher muka, pusing, dan vertigo. Lingkungan panas, makanan dan minuman panas, makanan pedas, alkohol, kafein, dan stress dapat memicu hot flash.. Dapat dikurangi dengan cara terapi hormon estrogen dengan anjuran dokter.
4. Pada postmenopause, wajar bila mengalami menstruasi atau spotting
* Salah
Reason : tidak wajar jika mengalami spotting pada post-menopause kecuali mengikuti terapi hormon estrogen. Karena spotting post-menopause mengindikasi adanya abnormalitas pada genitalia. Sehingga perlu periksa ke dokter untuk mengantisipasi sedini mungkin adanya penyakit.
5. Pada postmenopause, > 80 % wanita akan terjadi osteoporosis.
* Betul
Reason : pada post-menopause fungsi ovarium menurun sehingga produksi estrogen juga menurun. Estrogen berfungsi mempertahankan remodelling tulang normal sehingga resorpsi tulang menjadi lebih tinggi daripada formasi tulang yang mengakibatkan berkurangnya masa tulang dan beresiko terjadi fraktur.
6. Masalah incontinensia urine pada wanita menjadi problem yang umum terjadi pada postmenopause.
* Betul
Reason :produksi estrogen yang turun yang menyebabkan penipisan dan penyusutan jaringan pada kandung kemih yang berakibat menurunnya kontrol kandung kemih sehingga menyebabkan kesulitan mengendalikan keinginan berkemih, serta keinginan berkemih menjadi sering, keinginan berkemih walaupun kandung kemih tidak penuh, dan sering berkemih malam hari.



7. Pada masa menopause, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat terangsang secara seksual.
* Betul
Reason : produksi estrogen yang turun sehingga vagina menjadi tipis, lebih kering, dan kurang elastis yang dapat menimbulkan rasa sakit saat hubungan seksual sehingga menurunkan gairah seksual. Tapi sebagian wanita justru menikmati hubungan seks nya karenatidak khawatir hamil.
8. Gangguan tidur wajar dialami selama masa pra menopause tetapi akan menjadi lebih baik begitu mengalami menopause.
* Salah
Reason :gangguan tidur terjadi pra-menopause maupun post-menopause. Mungkin karena hot flash sehingga berkeringat dan mengganggu kenyamanan tidur. Hal ini akan berpengaruh terhadap kestabilan emosi, kejernihan pikiran, dan daya ingat.
9. Bila mengalami klimakterium prekok, gejala-gejala yang dialami biasanya lebih hebat.
*Betul
Reason : klimakterium yang mendadak post-tubektomi atau karena faktor patologis misalnya kanker biasanya akan mengalami gejala menopause yang hebat sehingga membutuhkan penanganan dokter.



10. Wanita masa klimakterium memerlukan penanganan secara fisiologis dan psikologis.
* Betul
Reason : gangguan hot flash, gangguan tidur, gangguan seksual, dan lainnya adalah proses alami yang akan dilalui oleh wanita. Jika hal ini mengganggu aktivitas maka perlu penanganan dokter. Gangguan ini biasanya menyebabkan menurunnya semangat aktivitas, percaya diri dan harga diri wanita serta menimbulkan depresi, sehingga perlu motivasi agar tidak putus asa dan menumbuhkan percaya diri setelah post-menopause.
Powered by Blogger