Senin, 22 Juli 2013

3 Jenis makanan yang harus dikonsumsi saat sahur

Saat menjaga kesehatan selama berpuasa, sangat penting untuk mengatur makanan yang dikonsumsi selama berbuka dan sahur. Terutama yang harus diperhatikan adalah makanan saat sahur sebelum Anda berpuasa selama sehari penuh.
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur, seperti dilansir oleh Wondergressive (08/07).
1. Makanan dengan karbohidrat kompleks
Dr Farouk Haffejee dari Islamic Medical Association of South Afrika merekomendasikan makanan yang tahan lama dan tak mudah membuat Anda lapar, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal yang sama juga direkomendasikan oleh Jennifer Andrews dari Livestrong.com.
Karbohidrat adalah 'bensin' utama yang digunakan tubuh dan otak untuk melakukan aktivitas fisik maupun mental. Kekurangan karbohidrat akan membuat Anda mudah lelah, lemah, serta kesulitan berpikir. Tak hanya itu, kurang karbohidrat mempengaruhi mood dan membuat Anda mudah marah.
Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, buah-buahan, sayur, biji-bijian, produk kedelai, susu, dan acar.

2. Makanan dengan cairan
Hal kedua yang terpenting adalah menjaga cairan dalam tubuh agar tetap stabil. Dengan kata lain Anda harus mengonsumsi banyak air atau makanan yang mengandung cairan. Selama berpuasa sehari tanpa minum air bukan hal yang main-main. Anda harus merencanakan dengan baik kebutuhan cairan tubuh Anda.
Pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup, makan makanan yang mengandung air seperti sup dan lainnya, serta mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air. Ini akan sangat membantu tubuh Anda selama berpuasa. Selain itu, jangan mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik dan mudah menghilangkan cairan tubuh seperti kopi dan soda.

3. Kurma
Bagi umat Islam, berbuka dengan kurma adalah sunnah. Faktanya, secara ilmiah, kurma memang memiliki banyak manfaat. OrganicFacts.net mengungkap bahwa kurma mengandung serat yang tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta gerakan lambung dan usus. Kurma juga bisa mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar.
Itulah tiga macam makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur. Seperti disimpulkan oleh Dr Haffejee, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka tak jauh berbeda dengan makanan sehari-hari dan tidak berlebihan.
Powered by Blogger